Minggu, 07 Februari 2010


Detektif Conan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Detektif Conan
Detective Conan Logo.jpg
Logo Detektif Conan (diambil dari anime Episode 550)
名探偵コナン
(Meitantei Konan)
Genre Misteri, Shōnen, Romantis, Detektif Fiktif
Manga
Pengarang Aoyama Gosho
Penerbit Bendera Jepang Shogakukan

Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat VIZ Media
Bendera Inggris Gollancz Manga
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
[tampilkan]Penerbit lain:
Bendera Jerman EMA

Bendera Perancis Kana
Bendera Spanyol Planeta DeAgostini
Bendera Italia Star Comics
Bendera Swedia Egmont Kärnan
Bendera Vietnam Kim Dong Publishing House
Bendera Finlandia Egmont
Bendera Hong Kong Edko Publishing
Bendera Korea Selatan Daiwon
Bendera Malaysia Tora Aman
Bendera Thailand Vibulkij Comics
Bendera Rusia Red Square Publishing House
Bendera Polandia Famous Warsaw Comic Publishing House
Demografi Shōnen
Diterbitkan dalam Bendera Jepang Shōnen Sunday

Bendera Indonesia Shonen Star
Bendera Malaysia Weekly Comic (漫画周刊)
Bendera Thailand Neoz
Diterbitkan tanggal 1994 – sedang berlanjut
Jumlah buku 65


Anime televisi
Disutradarai oleh Kenji Kodama, Yasuichiro Yamamoto
Dibuat oleh Tokyo Movie Shinsha (TMS)
Jaringan Bendera Jepang NTV, Yomiuri TV, Animax

Bendera Indonesia SCTV (1997-2005), Indosiar (2000-2008)
Bendera Kanada YTV
Bendera Amerika Serikat FUNimation Channel, Cartoon Network (Adult Swim) (Sebelumnya)
[tampilkan]Jaringan lain:
Bendera Chili Etc...TV, Chilevisión

Bendera Perancis Bendera Spanyol Cartoon Network
Bendera Galicia TVG
Bendera Jerman RTL II
Bendera Rusia Channel One, Cartoon Network
Bendera Polandia Cartoon Network, TVP1
Bendera Hongaria Animax
Bendera India Hungama TV
Bendera Portugal Bendera Singapura Animax
Bendera Italia Italia 1, Italia Teen Television, Hiro
Bendera Malaysia TV3, Animax, Astro Ceria
Bendera Meksiko TV Azteca
Bendera Filipina GMA7, Animax
Bendera Korea Selatan Tooniverse
Bendera Republik Cina CTS, SET Metro, MOMO (saluran televisi), Animax, YOYO TV
Bendera Thailand Modern Nine TV (formerly Channel 9), TrueVisions (TRUE Spark), Animax
Bendera Vietnam Hanoi2
Bendera Hong Kong TVB, Animax
Ditayangkan tanggal 8 Januari 1996 – sedang berlanjut
Jumlah episode 563


Drama televisi
Disutradarai oleh Toshizaku Tanaka
Studio Yomiuri TV
Ditayangkan oleh Flag of Japan.svg NTV, Yomiuri TV
Ditayangkan mulai 2 Oktober 2006 – 17 Desember 2007
Jumlah episode 2
Film yang terkait

Film layar lebar (13), OVA (9), Spesial TV (1), Live-action Drama (2)
Tulisan "manga" dalam Kanji dan hiragana
Artikel ini adalah bagian
dari seri Manga
Daftar manga
Menurut judul versi
bahasa Indonesia

Simbol - A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Daftar manga-ka

A - B - C - E - F - H - I - K - M - N - O - R - S - T - U - W - Y

Detektif Conan dikenal di Jepang sebagai 名探偵コナン (Meitantei Konan ?) dan di Amerika Serikat & Kanada (di tempat dimana Viz Media menerbitkan Detektif Conan) sebagai Case Closed adalah sebuah manga dan anime detektif fiktif karangan Aoyama Gosho. Detektif Conan diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Sunday. Selain dalam format manga dan anime, Detektif Conan juga telah dibuat dalam bentuk film layar lebar dan drama TV serta dalam bentuk Spesial TV. Nama serial Detektif Conan versi Amerika Serikat & Kanada adalah Case Closed.[1] Nama-nama tokoh di Case Closed diganti untuk menghindari kesalahpahaman pembaca di Amerika Serikat & Kanada.

Detektif Conan menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA, yang tubuhnya mengecil akibat racun yang dibuat dan diberikan oleh sebuah organisasi misterius tanpa diketahui organisasi tersebut. Supaya identitas asli Shinichi tidak diketahui organisasi misterius tersebut, Shinichi menyamar sebagai Conan Edogawa, dan tinggal di kantor detektif swasta bernama Kogoro Mouri (yang juga rumah teman sejak kecilnya, Ran Mouri). Conan Edogawa telah banyak membantu Kogoro memecahkan kasus, sehingga Kogoro menjadi detektif terkenal (yang dikenal sebagai Kogoro Tidur).
Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 Sinopsis
* 2 Tokoh
* 3 Media
o 3.1 Manga
+ 3.1.1 Versi-versi Detektif Conan
o 3.2 Anime
o 3.3 Spesial TV
o 3.4 Film
o 3.5 Drama Televisi
o 3.6 CD
o 3.7 Permainan Trading Card
* 4 Catatan kaki
* 5 Pranala luar

[sunting] Sinopsis
Perhatian: Bagian di bawah ini mungkin akan membeberkan isi cerita yang penting atau akhir kisahnya.

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menganalisa kasus-kasus kriminal terkena suatu masalah besar ketika tiba-tiba dirinya mengecil setelah diberi minum racun misterius, yang kemudian diketahui adalah racun berkode APTX 4869, oleh 2 anggota Organisasi Hitam yaitu Gin dan Vodka. Saat kejadian itu Shinichi dan Ran Mouri sedang berkencan di sebuah taman tema (theme park) yang bernama "Tropical Land". Kemudian, Shinichi bertemu dengan dua orang yang mencurigakan, dan Shinichi pun membuntuti mereka. Karena keasyikan mengintip transaksi gelap yang dilakukan Vodka dengan seorang pengusaha, tanpa disadari, Shinichi dipukul oleh Gin, dan dicekoki obat misterius yang dimaksud untuk membunuh Shinichi.

Namun ternyata obat tersebut tidak membunuh Shinichi, melainkan terjadi efek samping dari obat tersebut yang mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun. Setelah dia sadar tubuhnya menjadi kecil, dia pun memberitahukan bahwa tubuhnya telah menyusut kepada Profesor Agasa, tetangganya yang merupakan seorang peneliti. Mulanya Profesor Agasa tidak percaya, namun karena Shinichi yang tubuhnya mengecil itu menunjukkan kemampuan analisisnya yang luar biasa, maka Profesor Agasa pun percaya bahwa dia adalah Shinichi Kudo yang tubuhnya mengecil.

Karena teman sejak kecil Shinichi, Ran Mouri, memiliki firasat buruk terhadap Shinichi, maka Ran pun mencari- cari Shinichi. Tempat yang pertama dicari Ran adalah rumah Shinichi. Kebetulan Profesor Agasa dan Shinichi yang tubuhnya menyusut ada disana, ketika Ran Mouri menanyakan nama dari bocah kecil yang sebenarnya Shinichi yang tubuhnya menyusut, dia menyebutkan bahwa namanya adalah "Conan Edogawa". Nama "Conan" berasal dari nama pengarang buku detektif terkenal Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, sedangkan nama "Edogawa" berasal dari nama Edogawa Ranpo. Edogawa Ranpo adalah pengarang novel detektif yang paling terkenal di Jepang. Conan lalu mulai mencari tahu seluk beluk organisasi misterius tersebut sambil tinggal di rumahnya Ran Mouri yang berada di daerah Beika. Nama Beika merupakan rujukan dari nama jalan tempat tinggal Sherlock Holmes (Baker Street). Baker di Jepang diucapkan sebagai Beika.

Karena mengecilnya tubuh Shinichi, analisis Conan sama sekali tidak dipercaya polisi karena dianggap sebagai anak kecil. Jadi, Conan terpaksa membuat ayah Ran, Kogoro Mouri, yang merupakan seorang detektif payah, untuk memecahkan berbagai kasus kejahatan, dengan harapan dapat melacak jejak organisasi tersebut. Kemudian kisah selanjutnya menjadi semakin rumit dan melibatkan berbagai individu. Conan didaftarkan oleh Profesor Agasa ke dalam SD Teitan sebagai murid kelas 1 SD pindahan dari daerah lain. Sekolah TeiTan merupakan permainan kata dalam bahasa Jepang (TanTei= Detektif). Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikkan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.

Anggota Organisasi Hitam yang telah diketahui adalah Gin, Vodka, Vermouth, Pisco, Tequilla, Calvados, Chianti, Kir (nama asli : Hidemi Hondou, dikenal sebagai Rena Mizunashi, kakak Eisuke Hondou), Kusuda Rikumichi, Masami Hirota (nama asli : Akemi Miyano, kakaknya Ai Haibara), Sherry (nama asli : Shiho Miyano,Ai Haibara), Bourbon, Rye (nama asli : Shuichi Akai, mantan anggota organisasi ini), Hell Angel (nama asli : Elena Miyano, ibu Ai Haibara), serta Big Boss yang selalu ditampilkan secara kabur (blur) dan selalu disebut oleh Gin sebagai Anokata (orang itu).
Pembeberan isi cerita berakhir di sini.


[sunting] Tokoh
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar karakter dalam seri Detektif Conan

Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gosho Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, tetapi juga menggunakan nama tempat fiktif seperti Kota Beika. Versi Amerika Serikat (FUNimation) memiliki sejumlah perbedaan nama tokoh dengan versi asli [2].
[sunting] Media
[sunting] Manga
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar bab dalam seri Detektif Conan

Bab dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang, mereka telah diterbitkan di Shogakukan's Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994. Sejak premier Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 Agustus 2009, enam puluh lima volume telah dirilis.[3][4] Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan tiga puluh dua jilid dirilis per 27 November 2009.[5][6] Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia.
[sunting] Versi-versi Detektif Conan

Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia (oleh Elex Media Komputindo), yaitu:

* Detektif Conan edisi reguler
* Detektif Conan Edisi Spesial
* Detektif Conan Seri Animasi TV

[sunting] Anime
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar episode dalam seri Detektif Conan

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation.[7] Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.

Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan.[8] Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari anime.[9][10][11][12][13]
[sunting] Spesial TV

Spesial TV dari seri Detektif Conan hanya ada satu untuk saat ini yaitu Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン ,"Lupin Sansei vs Meitantei Conan"?).
[sunting] Film
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar Film Layar Lebar dalam seri Detektif Conan

Tiga belas film layar lebar telah dirilis yang berasal dari seri Detektif Conan. Film- film tersebut telah dirilis pada bulan April sejak tahun 1997. Setiap film layar lebar memiliki jalur plot tesendiri, dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya. Satu film layar lebar direncanakan akan dirilis pada 17 April 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar